6 Aplikasi iPhone yang Kontroversial

1. Exodus International

Aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk semacam metode penyembuhan untuk para homoseksual dengan terapi tertentu agar bisa sembuh.
Namun, aplikasi yang dibuat oleh lembaga keagamaan ini dituding menyimpan pesan anti-gay sehingga menimbulkan protes. Tidak ingin berlanjut, akhirnya Apple menghapus aplikasi ini dari App Store.

2. Me So Holly

Aplikasi ini menjadikan objek agama sebagai bahan leluconnya. Dimana pengguna bisa memasangkan foto muka diri sendiri –yang tentunya editan– dengan badan orang yang dianggap suci di kalangan penganut agama tersebut.

Apple tidak mau mengambil resiko, karena di masa depan aplikasi ini dipastikan bakal memancing kontroversi. Mereka pun menghapusnya dari App Store.

3. PlayBoy

Awalnya aplikasi majalah khusus dewasa ini bisa melenggang ke App Store. Namun belakangan, sejak pendirinya Hugh Hefner mengklaim kalau aplikasi PlayBoy versi digital akan tampil tanpa sensor, Apple tanpa ragu langsung menghapusnya.

Menurut Apple, hal itu jelas melanggar kebijakan perusahaan yang melarang aplikasi dan konten berbau pornografi.

4. Thirdintifada

Apple langsung menghapus aplikasi yang disebut Thirdintifada dari App Store, setelah menerima komplain Menteri Informasi Israel, Yuli Edelstin dan aktivis HAM. Sebab aplikasi ini dituding mempromosikan kekerasaan melawan Israel.

5. I Am Rich

Sekilas tidak ada unsur pelanggaran yang terkandung di aplikasi ini. Namun dijual dengan harga fantastis, sekitar USD999,99 tanpa memberikan manfaat apapun, tentu saja akhirnya aplikasi menjadi kontroversial.

Bagaimana tidak dengan harga USD999,99, setelah mengunduhnya aplikasi tadi hanya menampilkan gambar berlian merah yang berpendar. Kemudian disudut kanan di bawah tombol putih yang jika diklik akan menampilkan pesan “I’m rich, I deserv it. I’m good, healthy and successful.” Tidak ada fungsi tambahan selain itu.

6. Smuggle Truck: Operation Immigrant

Dikembangkan oleh Owlchemy Labs, game besutan developer asal Boston tersebut mengambi isu sensitif mengenai kaum imigran. Dikisahkan, game ini mengajak pemain mengatur truk yang penuh imigran gelap agar mencapai negara tujuannya.
Apple sendiri langsung melarang aplikasi ini di App Store tanpa menunggunya menjadi pro dan kontra yang berkepanjangan.
sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s