Apel Buah Beracun?

Buah Apel (by Reta Riayu Putri)

Apel! Siapa yang tidak suka buah yang satu ini. Selain rasanya yang nikmat, apel juga memiliki khasiat yang banyak. Diantaranya, apel dapat memperbaiki struktur kulit, kandungan antioksidan yang banyak, dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa apel termasuk salah satu buah yang mengandung racun yang harus dijauhi? Kaget, bukan?

Menurut penelitian yang dilaporkan pada Environmental Working Group (EWG), kelompok advokasi kesehatan publik Amerika menjelaskan, buah apel termasuk dalam urutan pertama sebagai produk yang paling tercemar pestisida. Penelitian ini didasarkan pada analisa data pemerintah terhadap 53 buah dan sayuran untuk mengetahui hasil tanaman yang paling tinggi pestisidanya setelah dicuci.

Analis EWG, Sonya Lunder menyimpulkan, kemungkinan besar apel-apel tersebut diberi pestisida dan pembasmi jamur agar buah ini bisa awet dan tahan lama. Itulah yang menyebabkan hampir 92 % apel mengandung dua atau lebih pestisida.

Mencuci buah dan sayur dengan produk pencuci ternyata tidak cukup ampuh untuk menghilangkan pestisida karena zat kimia itu diserap oleh tanaman dan terletak di bawah kulit buah.

Paparan pestisida dari makanan yang diasup diketahui bersifat toksik pada sistem saraf, menyebabkan kanker, mengganggu sistem hormon dan menyebabkan gangguan otak pada anak. Ibu hamil juga disarankan menghindari makanan yang tercemar pestisida.

Penelitian yang dilakukan tim dari Harvard School of Public Health menunjukkan anak-anak yang terpapar pestisida memiliki risiko lebih tinggi menderita hiperaktif.

Disarankan kita untuk lebih mengonsumsi buah jenis lainnya seperti, nanas, mangga, atau avokad.

Posted by RETA RIAYU PUTRI

3 thoughts on “Apel Buah Beracun?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s