MY OPINION ABOUT TITANIC

THIS is my article and opinion about TITANIC. Author, RETA RIAYU PUTRI

TITANIC

SIAPA yang tidak tahu tentang kapal yang satu ini? Kapal yang pernah mengguncang dunia dengan history-nya yang sangat menggemparkan. Mampu membuat hampir semua orang di dunia tercengang akannya. Di sini, saya akan mengupas lebih dalam seputar TITANIC sesuai dengan pengetahuan saya (Yang saya dapatkan mulai dari searching di Uncle Google, Buku Pengetahuan, dan lain sebagainya), yang pasti saya kemas dengan bahasa saya sendiri yang ringan sebagai anak remaja yang berstatus student. This is from me to all people of the world who read this article ———- RETA RIAYU PUTRI

TITANIC, this is my reasons kenapa tiba-tiba saya kepikiran untuk nulis artikel tentang TITANIC. Walaupun saya sudah tahu sebelumnya, mungkin puluhan juta berita sudah memberitakan TITANIC, bahkan puluhan juta blogger juga sudah menulis artikel tentang TITANIC sebelumnya. Tapi, kembali ke niat saya pada awalnya tadi. Saya hanya ingin berbagi apa yang saya tahu tentang TITANIC dan opini-opini saya lainnya seputar TITANIC maupun film TITANIC-nya sendiri. Dan ide untuk menulis artikel ini muncul dalam diri saya karena dalam beberapa minggu ini on Star Movies channel memutar kembali film TITANIC (Yang walaupun sudah saya watching belasan kali, tetap menyayat hati) Eeww! –“

TITANIC, kapal milik White Star Line pada niat awalnya dibangun untuk menyaingi kapal milik Cunard Line bernama kapal LUSITANIA dan MAURETANIA.  Dengan donasi dari seorang hartawan (katakanlah dermawan) Amerika bernama J.P Morgan kapal TITANIC mulai dibangun pada 31 MARET 1909.

SETELAH kapal TITANIC selesai dibangun, total beratnya keseluruhannya mencapai 46.328 ton. Saat itu, fasilitas kemewahannya membuat semua orang pasti ingin untuk menaikinya. Bagaimana tidak, fasilitas seperti kolam renang, perpustakaan, pemandian Turki, sampai gelanggang Squash sekalipun ditawarkan di kapal TITANIC tersebut (Waaaww!)

BANYAK orang menganggap, TITANIC adalah puncak piramida dari kemajuan teknologi pada saat itu, dirancang dengan baik menggunakan teknologi tinggi dengan brosur yang rata-rata menyatakan “Kapal terbaik yang tidak akan pernah tenggelam,” Namun, seperti kata orang bijak, semua yang kita jalankan di dunia sudah diatur oleh-Nya, termasuk kematian. Tidak ada yang pernah menyangkan kapal yang diagung-agungkan itu pada akhirnya tenggelam dan menelan korban cukup banyak dan menjadikannya sebagai bencana laut terburuk sepanjang sejarah!

KAPAL TITANIC yang konon dibuat oleh kurang lebih 15.000 penduduk Irlandia itu dibangun di sebuah galangan kapal di BELFAST, IRLANDIA UTARA. Saat pelayaran pertamanya yang ternyata membawa bencana yang tidak pernah diharapkan oleh siapapun sebelumnya, kapal TITANIC juga membawa tokoh-tokoh besar yang ikut berlayar.

DIANTARANYA: Tn. John Jacob Astor yang merupakan seorang jutawan beserta istrinya; Benjamin Guggenheim; Isidor Straus; Denver; Margaret Brown; dan sederet tokoh penting lainnya yang nggak mungkin disebutin satu per satu.

DETAIL kejadian tenggelamnya kapal TITANIC, secara keseluruhan seperti ini:

1-      Minggu, 14 April 1912 pukul 13:45 waktu setempat (Seorang pegawai komunikasi nirkabel dari kapal uap Amerika memberi peringatan akan ada gunung es yang mengapung dalam jalur pelayaran TITANIC nantinya. Namun, sayang peringatan ini tidak disampaikan ke dek pengawal)

 

2-      Minggu, 14 April 1912 pukul 16:00 waktu setempat (Terdapat peringatan lagi, namun kali ini dari Mesaba bahwa akan banyak bongkahan es di jalur yang akan dilalui TITANIC, namun lagi-lagi pesan itu tidak diabaikan)

 

3-      Minggu, 14 April 1912 pukul 23:40 waktu setempat (Kapal yang saat itu berada di posisi selatan Grand Banks di Newfoundland, tidak dapat mengelak dari tabrakan dengan bongkahan gunung es. Usaha seorang pengawas kapal yang baru menyadari terdapatnya bongkahan es dan langsung memberi tahu dek pengawal sia-sia. Finally, tabrakan tidak dapat terelakkan dengan merobeknya badan kapal di empat bagian pertama. Tidak itu saja, tabrakan itu juga membuat paku baja di bagian bawah kapal yang tertutup permukaan air sepanjang 91 m (300 kaki)

 

4-      Senin, 15 April 1912 pukul 00:40 waktu setempat (Thomas Andrew, kapten sekaligus penanggung jawab kapal TITANIC menyadari bahwa lambau laun TITANIC akan tenggelam dalam beberapa jam lagi. maka ia memerintahkan untuk segera menurunkan sekoci pertama yang hanya diisi dengan 28 orang penumpang. Secara keseluruhan, TITANIC membawa 20 sekoci penyelamat. Sangat tidak sebanding dengan penumpang TITANIC yang berjumlah sekitar 2200 penumpang. Namun, untungnya TITANIC membawa cukup pelampung sesuai yang telah ditetapkan oleh Lembaga Peraturan Inggris.)

Well, menurut saya itu sangat unfair! Bagaimana tidak? Dengan sekoci yang katakanlah sedikit, penumpang kelas utama (Saat itu terbagi 3 kelas tingkatan kapal, satu atau utama, dua, dan tiga) dengan mudah manaiki sekoci terlebih dahulu dibandingkan wanita dan anak-anak dari kalangan kedua maupun tiga. Lalu, setelah penumpang kelas atas menaiki sekoci semuanya, barulah wanita dan anak-anak dari kalangan tingkat dua dan tiga dipersilahkan menaiki sekoci.

 

5-      Senin, 15 April pukul 01:15 waktu setempat (Operator radio nirkabel, Jack Phillips dan Harold Bride sibuk mengirim CQD, isyarat penolong semacam mayday. Beberapa kapal merespon, namun, semua kapal yang merespon itu terlalu lama untuk sampai ke posisi TITANIC sekarang. Dan kapal terdekat satu-satunya hanyalah kapal CARPHATIA milik Cunard Line yang hanya berjarak 93 km dengan TITANIC sekitar empat setengah jam untuk sampai di posisi TITANIC, dan dianggap terlalu lama untuk menyelamatkan seluruh penumpang karena kapalnya keburu tenggelam. Maka satu-satunya daratan yang menerima isyarat pertolongan TITANIC hanyalah stasiun nirkabel di Cape Race, Newfoundland)

Pada awalnya penumpang tidak mau meninggalkan TITANIC untuk segera naik ke sekoci penyelamat karena sebagian dari mereka merasa TITANIC lebih aman dan tidak ada tanda-tanda akan tenggelam. Inilah sebabnya mengapa sebagian sekoci yang dilepas hanya dalam keadaan KOSONG!

Satu sekoci yang sebenarnya mampu membawa 40 penumpang hanya diisi 12 orang penumpang.

 

6-      Senin, 15 April 1912 pukul 02:05 waktu setempat (Seluruh bagian depan haluan kapal tenggelam di bawah air)

 

7-      Senin, 15 April 1912 pukul 02:10 waktu setempat (Bagian belakang kapal terangkat dari permukaan air memperlihatkan bagian bawah kapal, kemudi, serta baling-baling kapal)

 

8-      Senin, 15 April 1912 pukul 02:17 waktu setempat (Bagian depan kapal yang tidak kuat menahan beban penumpang yang berdesakan di bagian ata kapal menyebabkan kapal pecah menjadi dua bagian. Bagian depan sekarang sudah tenggelam sepenuhnya)

 

9-      Senin, 15 April 1912 pukul 02:20 waktu setempat (Bagian belakang kapal patah tadi akhirnya karam dan menenggelamkan semuanya)

 

 

DARI 2223 penumpang, hanya 706 orang penumpang yang selamat. 1517 lainnya tewas akibat menderita hypothermia dalam air (Keadaan dimana suhu mencapai -2 derajat selsius)

 

HANYA 2 dari 18 belas sekoci penyelamat yang kembali untuk menyelamatkan korban dari dalam air selepas kapal tenggelam. Sekoci pertama menyelamatkan 5 orang penumpang, tapi sayang 2 diantara mereka tewas. Dan sekoci kedua menyelamatkan 4 orang penumpang, tapi 1 diantaranya juga tewas. Jadi total keseluruhan hanya 6 orang yang selamat dalam tragedi naas itu. Sedangkan 700 penumpang lainnya hanya menunggu, menunggu, dan menunggu dalam sekoci yang tidak kembali pada akhirnya.

 

SURAT KABAR pasca tragedi naas TITANIC langsung heboh memberitakan berita tenggelamnya TITANIC dilengkapi gambaran peristiwa itu terjadi. Semua orang hanya tertuju pada TITANIC saat itu. Semua orang shock atas karamnya TITANIC. Karena sebelumnya tidk ada yang pernah menyangkan TITANIc yang dibuat dengan teknologi paling tinggi dan maju pada saat itu berakhir dengan tragis di samudar Atlantik. Mungkin di sisni hanya satu kalimat yang saya ucapkan dan simpulkan atas kecelakaan TITANIC, untuk semua orang “Don’t judge book by it’s cover!” Belum tentu semua yang kita anggap baik dari luarnya juga menjamin di dalamnya. Dan one more,  “Don’t be proud!” We can see, TITANIC teaching us.  Janganlah menjadi orang yang sombong sampai kita tidak pernah percaya lagi bahwa di Atas sana masih ada sang penguasa alam sekalian ini. Si Pemilik jagad raya. Setinggi apapun teknologi yang digunakan belum tentu menjamin sesuatu terburuk tidak dapat terjadi, know it!

 

 

FILM TITANIC

 

TITANIC, sebuah film yang dibuat oleh Paramount Pictures dan 20th Century Fox pada tahun 1997. Film ini disutradari oleh James Cameron.

 

Alur cerita film ini mengenai kapal TITANIC yang tenggelam dalam perlayaran perdananya pada awal tahun 1912. Film yang memenangkan 11 Academy Awards yang diselenggarakan pada 23 Maret 1998 ini berhasil menjadi film box office terbesar dalam sejarah perfilman.

 

Kata mutira terkenal dari film ini adalah “nothing on earth could come between them” sederhanya dalam bahas Indonesia yaitu  “Tiada satupun di dunia ini yang sanggup memisahkan mereka.”

 

Maksudnya disini tidak dapat memisahkan sepasang “couple” yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio sebagai Jack Dawson dan Kate Winslet sebagai  Rose DeWitt Bukater.

 

KESALAHAN DALAM PEMBUATAN FILM TITANIC

 

FILM yang meraup pendapatan terbesar sebesar $ 1400,7 juta ini masih terus diputar di beberapa stasiun TV seperti HBO atau Star Movies seperti baru-baru ini. Namun, film yang hampir dibilang semua orang perfect movie ini, nyatanya tidak dapat dikategorikan penuh sebagai perfect movie dalam pembuatannya.

 

Di satu adegan dramatis ketika TITANIC, yang berkapasitas penumpampang sangat besar perlahan-lahan tenggelam, salah stau penumpang TITANIC dalam film itu terlihat memakai jam tangan digital. Padahal dalam kenyataannya kapal TITANIC tenggelam pada tahun 1912. Sangat jauh sebelum ditemukannya jam tangan digital.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s