KUALITAS TIDUR YANG SEHAT

KUALITAS TIDUR YANG SEHAT

KUALITAS tidur merupakan sumber kesegaran, tenaga, dan vitalitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya. Kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak yang sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olahraga
Jika setiap hari Anda insomnia (seperti saya -.-‘’) apa Anda yakin keesokan harinya Anda bisa lebih fresh? Dari sekarang mulailah terapkan pola tidur sehat. (Walaupun menurut sebagian insomniawan seperti saya itu SUSAH, right? Dan juga walaupun saya tau keesokan harinya saya mesti sekolah. Namun, mau bagaimana lagi? Saya memang INSOMNIA)
Oke! Walaupun itu susah, tapi kita harus berusaha untuk tidur teratur (bukan tidur selamanya ya? :D) Coba deh, ikuti step by step nya, (Walaupun, jujur saja. Saya sendiri belum berhasil untuk tidur dengan teratur setiap harinya -.-“)
1) DISIPLIN
Selalu tidur pada waktunya. Agar jam biologis tubuh Anda tetap. Bangunlah pada waktu yang sama. Tidak peduli apakah Anda merasa cukup tidur atau tidak. Usahakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi baik hari kerja maupun libur. (Walaupun itu susah! I know that)

2) OLAHRAGA TERATUR
Olahraga teratur adalah obat mujarab untuk menetralisir ketegangan fisik dan pikiran Anda. Hal ini sedikit banyak membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Jangan terlambat olahraga.
Cukup lakukan sedikit olahraga ringan. Waktu paling ideal untuk berolahraga biasanya adalah pagi atau sore hari atau maksimum menjelang petang
(Apakah Anda termasuk orang yang selalu berolahraga secara teratur? Jujur saja, saya sendiri, bukanlah termasuk tipe orang yang suka berolahraga. Bagaimana mungkin, setiap pagi saya sudah harus bersiap-siap untuk berangkat sekolah. Otomatis, tidak akan punya waktu memutari lapangan tribun untuk membakar kalori seperti atlet atlet olahraga. Kecuali, jika itu disuruh oleh guru olahraga saya untuk ambil nilai Penjas. Seperti yang akhir-akhir ini baru saja saya lakukan yaitu ‘Keliling Mutarin Lapangan Tribun dekat sekolah saya yaitu SMP NEGERI 3 BATAM *kebayang gak capeknya? -.-“)

3) SUASANA DAN RITUAL
Ciptakan suasana yang nyaman. Jaga kelembaban dan suhu udara kamar. Usahakan sedemikian rupa begitu pagi datang, matahari akan masuk ke kamarmu.
Sebelum tidur, usahakan relaks. Tidak perlu terlalu banyak berpikir. Lakukan ritual tidur yang menyenangkan, seperti; Mendengarkan musik (Yang jelas jangan musik ROCK!) Atau membaca ringan. Sesuaikan juga dengan penerangan ruang tidur Anda.

4) KUALITAS BUKAN KUANTITAS

Yeapp! Yang terpenting adalah KUALITAS bukan KUANTITAS. No Problem jika Anda hanya bisa tidur 5 jam saja tapi sudah merasa segar. Jika Anda merasa sudah cukup tidur, lebih baik gunakan waktumu untuk melakukan kegiatan lain. (Kata guru saya, Bu Irma Rahmi, sebaiknya jika Anda pelajar seperti saya, manfaatkanlah waktumu untuk belajar ketika baru saja bangun tidur. Sebab, pikiran kita masih fresh pada saat itu. Atau bisa juga online, like me😀 Eeeittss, ntar dulu. ONLINE banyak pengertiannya. Bukan hanya sekedar berbual atau chatting gak jelas di suatu akun jejaring sosial yang hanya menghabiskan waktu, tapi bisa juga BACA BERITA ONLINE, BACA ILMU PENGETAHUAN UMUM ONLINE, atau juga bisa BACA MANGA ONLINE *hehe😀 apa aja yang sejenisnya lah, yang penting bisa meng-increase ILMU PENGETAHUAN kita.

5) JANGAN TIDUR DALAM KEADAAN LAPAR ATAUPUN KEKENYANGAN

Semaksimal mungkin Anda harus bisa menghidari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur Anda. Jangan tidur dalam keadaan lapar atupun kekenyangan.
Hindari kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian (Walaupun jujur saja, saya suka DURIAN. Delicious!) Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna.
Kalau lagi diet jangan pernah tidur dalam keadaan lapar. Lebih baik makanlah buah-buahan yang rendah kalori. Seperti, Pisang atau Apel.
(P.S: Kata guru saya (lagi), Bu Irma, Bagi Anda dan Anda yang berstatus seorang pelajar atau remaja seperti saya, hindarilah yang namanya DIET! Karena itu tidak bagus untuk masa pertumbuhan kita seperti sekarang ini. Ok :))

Udah tau kan step by step untuk TIDUR TERATUR? Oke, terapkan dalam kehidupanmu sehari-hari ya! (Walaupun saya tau itu susah bagi sebagian orang, terutama INSOMNIA. Like me. Hehe :D)

Leave a Reply

