BUKU TERPANJANG

Yongle adalah kaisar yang berkuasa di Cina selama kurun waktu 1402-1424. Sang kaisar memerintahkan seorang ilmuwan yang bernama Xie Jin untuk menyusun sebuah ensiklopedia. Akan tetapi panjang buku tersebut tidak sesuai dengan harapan sang kaisar. Ia memerintahkan lenih banyak orang untuk dilibatkan dalam penyusunan ensiklopedia itu.

Pembuatan ensiklopedia yang dikenal dengan nama Yongle Dadian tersebut membutuhkan keterlibatan ribuan ilmuan selama empat tahun penuh untuk mengadakan penelitian dan menyusun tulisan. Buku tersebut akhirnya berhasil diselesaikan pada tahun 1408, dengan total bab sebanyak 22.937 yang terbagi dalam 11.095 jilid.Bahasa Cina dituliskan dengan memakai karakter atau simbol untuk melambangkan seluruh kata atau makna

Ensiklopedia terpanjang ini memiliki 370 juta karakter.

Bahkan sampai sekarang pun , Yongle Dadian masih tetap memegang rekor dan predikat sebagai buku terpanjang. Sayangnya, saat ini jilid asli yang tersisa jumlahnya kurang dari 400 buah saja. Beberapa pakar sejarah memperkirakan bahwa kebanyakan buku tersebut telah dihancurkan. Sedangkan ada juga beberapa sejarahwan yang beranggapan bahwa buku-buku tersebut dikubur bersama Kaisar Jiajing (1521-1566) dan pasti akan ditemukan di dalam pusaranya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s