Kanada

Kanada, secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi.

Ibu kota Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal Gubernur Jenderal danPerdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya, Kanada adalah anggota La Francophonie dan Negara Persemakmuran.

Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Luas Negara Kanada 9.970.610 km persegi

Kanada digolongkan negara maju dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah.

Sekilas

Ibu kota Kanada ialah Ottawa, tempat Parlemen negara berada. Gubernur Jenderal Kanada, yang menjalankan hak istimewa pribadi yang diutus kerajaan, dan Perdana Menteri, yang merupakan kepala pemerintahan, memiliki tempat tinggal resmi di Ottawa.

Awalnya merupakan sebuah persatuan dengan bekas Kekaisaran kolonial Perancis dan Koloni Britania, Kanada merupakan sebuah Realm Commonwealth. Dia merupakan anggota pendiri PBBPersemakmuran, dan La Francophonie. Kanada memiliki dua bahasa resmi:

Kanada merupakan negara industri dan teknologi maju, berkecukupan dalam pengadaan energi dikarenakan tersedianya bahan bakar fosil, energi nuklir, dan tenaga hidroelektrik. Ekonominya bergantung pada banyaknya sumber daya alam dan perdagangan, terutama dengan Amerika Serikat, di mana Kanada memiliki hubungan yang luas dan panjang (lihat Hubungan AS-Kanada). Meskipun modern, ekonomi Kanadatetap meluas, sumber daya alam tetap sebagai kekuatan yang mengendalikan ekonomi negara tersebut.

Kanada memiliki 10 provinsi dan 3 territori.

Kota utama lainnya termasuk MontrealVancouver, dan Calgary. Lihat Daftar kota di Kanada.

Nama “Kanada” dipercaya berasal dari kata HuronIroquoia Kanata, berarti “desa”, “permukiman”, atau “kumpulan pondok”

Sejarah

Kanada telah dihuni penduduk asli (dikenal di Kanada sebagai Bangsa Kanada) selama lebih dari 40.000 tahun. Ekspedisi bangsa Skandinavia mengunjunginya sekitar 1000, secara singkat tinggal di tempat yang dikenal sebagai L’Anse aux Meadows.

Klaim Britania Raya pada Amerika Utara mulai saat John Cabot mencapai tempat yang disebutnya “Newfoundland” pada 1497. Klaim Perancis mulai dengan penjelajahan Jacques Cartier (dari 1534) dan Samuel de Champlain (dari 1603). Pada 1604, pemukim Perancis, yang menjadi dikenal sebagaiAcadia, merupakan orang Eropa yang pertama tinggal secara tetap di Kanada, disusul pemukiman Perancis lainnya di St. Lawrence dan daerah Atlantik Kanada.

Pemukiman Britania berdiri di sepanjang daerah pesisir Atlantik dan sekeliling Teluk Hudson. Dengan ekspansi koloni Perancis dan Britania itu, dan perang antara Perancis dan Britania di Eropa,Perang Perancis dan Indian meletus sebanyak empat kali dari 1689 sampai 1763. DalamPersetujuan Paris 1763, Perancis menyerahkan pada Britania Raya hampir seluruh New France, termasuk Acadia dan apa yang terdiri dari Quebec dan Ontario di masa kini. Britania Raya mendirikan koloni Nova ScotiaKanada Bawah, dan Kanada Atas. Koloni baru yang sama dengan hak hukum terkini dari Provinsi Nova ScotiaNew Brunswick and Prince Edward Island segera terbentuk. Canadas bekerja sama membentukKanadaCape Breton digabungkan dengan Nova Scotia.

Selama dan setelah Revolusi Amerika, banyak Loyalis Britania meninggalkan Tiga Belas Koloniunruk bermukim di Kanada. Pemukim lain selama masa ini dari meledaknya datang dari Eropa, khususnya Kepulauan Britania.

Pada 1812, Perang 1812 bermula ketika Amerika Serikat menyerang Kanada, dalam percobaan perusakan lebih lanjut Kekaisaran Britania takut jika sedang diserang. Orang-orang Kanada melawan, dan mengatur membakar habis Gedung Putih saat itu dalam serangan mendadak, membuat orang-orang Amerika mengadakan gencatan senjata.

Pada 1 Juli 1867, tiga koloni — Canada, Nova Scotia, dan New Brunswick — diakui Britania Raya sebuahkonstitusiBritish North America Act, menciptakan Dominion of Canada. Terdiri dari provinsi Nova Scotia, New Brunswick, Quebec (dahulu Kanada Timur), dan Ontario (dahulu Canada West). Istilah “Konfederasi” merujuk pada UU persatuan 1867 ini.

Koloni dan teritori Britania Raya lainnya segera mengikuti Kanada: dari 1880, Kanada termasuk seluruh daerahnya terkini kecuali Newfoundland dan Labrador, yang ikut pada 1949Undang-undang Westminster 1931 mendirikan pemerintahan sendiri bagi Kanada. Patriasi konstitusi Kanada yang terjadi saat pemerintahan Britania mengegolkan Akte Kanada 1982.

Dalam paruh kedua abad ke-20, beberapa warga negara terutama warga Quebec penutur Perancis menyaksikan kemerdekaan/kedaulatan dalam dua referendum yang diadakan pada 1980 dan 1995. Padareferendum 1980 pemungutan suara untuk kemerdekaan ialah 60%; pada referendum Quebec 1995pemungutan suara terhadap kemerdekaan ialah 50,6%.

Geografi

Kanada menempati setengah dari utara Amerika Utara. Ia berbatasan dengan AS di selatan dan di barat laut dengan Alaska. Negara ini terbentang dariSamudra Atlantik dan Selat Davis di timur sampai ke Samudra Pasifik di barat; yang menjadi moto negara ini. Di utara terletak Laut Beaufort dan Samudra ArktikTanah Hijau terletak di timur laut.

Sejak 1925 Kanada telah mengklaim sebagian dari Arktik mulai dari 60°B dan 141°B ([1]). Tempat tinggal paling utara di Kanada (dan di dunia) adalah Canadian Forces Station (CFS) Alert di ujung utara Pulau Ellesmere — latitude 82.5°N — hanya 834 kilometer dari Kutub Utara.

Kanada merupakan negara terbesar kedua di dunia dalam luas wilayah, setelah Rusia, meliputi sekitar 41% benua Amerika Utara. Kebanyakan wilayah Kanada terletak di daerah Arktik, bagaimanapun, dan demikian Kanada memiliki satu-satunya keempat tanah paling terpakai setelah Rusia, RRC dan AS. Kepadatan penduduk ialah 3.2 orang per kilometer persegi, yang luar biasa rendah dibandingkan negara lainnya. 80 % orang-orang Kanada tinggal dalam 200 km dari AS, wilayah iklim sedang dan tanah yang terbaik ditanami di seluruh negara. Sedangkan Kanada meliputi daerah geografis lebih luas daripada tetangga terdekatnya, hanya punya sepersembilan penduduknya.

Bagian berpenduduk terpadat negeri ini ialah lembah Danau-Danau BesarSungai Saint Lawrencedi timur. Utara negeri ini ialah Pelindung Kanada yang luas, daerah batu yang tergosok bersih olehabad es akhir, bertanah tipis, kaya mineral, dan dieksploitasi dengan danau dan sungai — lebih 60 % danau dunia terletak di Kanada. Pelindung Kanada mengepung Teluk Hudson yang luas.

Perisai Kanada sampai ke Pesisir Atlantik di Labrador, bagian uata provinsi Newfoundland dan Labrador. Pulau Newfoundland, daerah paling timur Amerika Utara, ialah di mulut Teluk Saint Lawrenceestuaria terbesar dunia, dan daerah pertama yang ditinggali orang-orang Eropa.Perairan Kanada menonjol keluar ke arah timur dari pesisir selatan Teluk Saint Lawrence, di antara teluk ke utara dan Atlantik ke selatan. Provinsi New Brunswick dan Nova Scotia terpisah oleh Teluk Fundy, cabang Atlantik yang mengalami variasi pasang-surut terbesar di dunia. Prince Edward Island ialah provinsi terkecil Kanada.

Di barat Ontario, padang rumput Kanada yang luas dan datar terdiri dari provinsi ManitobaSaskatchewan dan Alberta, menyebar menuju Pegunungan Rocky, yang membagi provinsi Alberta dan British Columbia.

Vegetasi Kanada Utara mulai dari hutan konifer sampai ke tundra dan akhirnya barren Arktik di utara jauh. Kanada utara dikelilingi oleh kepulauan yang luas yang terdiri dari beberapa pulau terbesar di Bumi.

Kanada terkenal dengan iklimnya yang dingin. Musim dingin di sini dapat menjadi sangat kasar di banyak daerah, dengan risiko badai salju dan badai esdan suhu mencapai serendah -50 °C dapat terjadi di Utara. Pesisir British Columbia menjadi suatu pengecualian; dia memiliki iklim musim dingin yang lebih ringan dari tempat lainnya.

Di wilayah yang padat penduduknya, musim panasa berkisar dari hangat sampai ke lumayan panas, mencapai lebih dari 30 °C di Montreal dan 15 °CIqaluit, Nunavut. Di Vancouver, suhu biasanya di antara 0 sampai 25 °C sepanjang tahun, namun di beberapa tempat di padang rumput, suhu dapat serendah -40 °C pada musim dingin dan setinggi 35 °C pada musim panas. Di wilayah Danau-Danau Besar, suhu berkisar antara -30 °C sampai 35 °C. Negara ini mengalami empat musim berbeda.

Politik

Hak istimewa sebagai kepala negara Kanada dipegang oleh seorang Gubernur Jenderal, yang umumnya merupakan politikus senior atau orang Kanada lainnya yang menonjol, yang diangkat oleh Ratu atas nasihat Perdana Menteri Kanada. Gubernur Jenderal merupakan tokoh non-partisan yang memenuhi berbagai peran seremonial, antara lain menyediakan Persetujuan Kerajaan atas RUU yang disahkan oleh Majelis Perwakilan Rendah dan Senat, membacakan Pidato dari Tahta, menandatangani dokumen negara, membuka dan mengakhiri sidang parlemen secara resmi, dan membubarkan parlemen selama masa pemilihan.

Ratu dan khususnya Gubernur Jenderal, memimpin hanya atas nama saja serta sedikit sekali memiliki kekuasaan yang sesungguhnya, karena mereka hampir selalu bertindak sesuai nasihat dari Kepala Pemerintahan Kanada, yaitu Perdana Menteri. Mereka menjabat secara simbolis sebagai pemerintahan yang berkelanjutan, yaitu ketika sedang terjadi perubahan pemerintahan.

Konstitusi Kanada (lihat teks di halaman ini) mengatur kerangka resmi negara, namun perwujudannya wajib dipandang pula dari sudut banyaknya tradisi dan konvensi yang tidak tertulis (lihat Sistem Westminster). Patriasi konstitusi, dengan prosedur untuk amandemennya, talah disetujui pada suatu malam di bulan November tahun 1981. Kaum nasionalis Quebec menamakan malam itu sebagai ‘Malam Pisau Panjang‘ – sebab terjadi tanpa izin Provinsi Quebec.

Gubernur Jenderal mengangkat Perdana Menteri Kanada (PM), yang biasanya merupakan pemimpin partai politik yang memegang kursi terbanyak dalam Majelis Perwakilan Rendah. PM dalam penunjukan Kabinet mempertimbangkan usulan dari konvensi anggota partai PM dalam Majelis Perwakilan Rendah dan Senat. Kekuasaan eksekutif dijalankan oleh PM dan kabinet, yang seluruh anggotanya disumpah dalam Dewan Kaukus Umum Kanada.

Cabang pemerintahan legislatif, yaitu Parlemen, memiliki 2 kursi: Majelis Perwakilan Rendah yang diangkat dan Senat yang diangkat. Pemilihan untuk Majelis Perwakilan Rendah dilakukan oleh Gubernur Jenderal berdasarkan rekomendasi PM, dan harus terjadi tak kurang dari 5 tahun setelah pemilihan sebelumnya.

Kanada memiliki tiga partai nasional utama: Partai Demokrat Baru (NDP), yang merupakan partai lanjutan yang condong ke arah “kiri”, Partai Liberal Kanada, dan Partai Konservatif Kanada, yang merupakan partai yang condong ke arah “kanan”. Klasifikasi kiri-kanan tersebut bagaimanapun bisa menyesatkan, karena adanya sejumlah anggota dalam ketiga partai utama tersebut yang merupakan “golongan kiri” pada persoalan sosial, dan “golongan kanan” pada persoalan ekonomi. Akibatnya, ketiga partai itu dapat memiliki jumlah kursi yang kompleks dalam spektrum keputusan politik kanan-kiri. Partai berbasis kedaerahan, Bloc Québécois, memperoleh banyak kursi di Provinsi Quebec dan mempromosikan kemerdekaan Quebec dari Kanada. Juga terdapat banyak partai yang lebih kecil dan ada pula yang tidak memiliki perwakilan di Parlemen pada pemilihan federal 2004. Kandidat independen jarang terpilih (Chuck Cadman merupakan perkecualian dalam pemilihan 2004).

Partai Liberal telah membentuk pemerintahan Kanada selama 32 tahun. Para pemimpinnya yang pernah menjadi Perdana Menteri Kanada antara lain ialahPaul Martin dan Jean Chrétien. Pada Desember 2003, terbentuklah Partai Konservatif Kanada. Partai ini merupakan gabungan dari Aliansi Kanada danPartai Konservatif Progresif Kanada. Partai Konservatif kemudian memenangkan pemilu parlemen 23 Januari 2006, dan Partai Liberal pun menjadi oposisi dalam parlemen. Stephen Harper yang memimpin Partai Konservatif, saat ini adalah Perdana Menteri Kanada.

Peradilan Kanada memainkan peran penting dalam mewujudkan hukum dan peraturan federal, provinsi, dan kota; dan memiliki kekuasaan untuk menjatuhkan hukum yang melanggar konstitusi. Seluruh hakim pada tingkat superior, berwewenang dalam hal naik banding dan Mahkamah Agung Kanadadipilih dan ditunjuk oleh pemerintahan federal, setelah konsultasi dengan badan resmi non-pemerintahan. Kedudukan pengadilan pada tingkat terendah dengan yurisdiksi terbatas pada suatu provinsi atau teritori, bertempat di masing-masing pemerintahan provinsi maupun teritori. Mahkamah Agung Kanada merupakan pemutus hukum yang terakhir (lihat sistem pengadilan di Kanada).

Kanada merupakan anggota PBBPersemakmuranLa FrancophonieOrganisasi Negara-Negara AmerikaNATOG8, dan APEC.

Provinsi dan territori Kanada

Kanada terdiri atas 10 provinsi dan 3 teritori. Provinsi-provinsi ini memiliki tingkat otonomi besar dari pemerintahan federal, sedangkan teritorial agak kurang memilikinya. Masing-masing memiliki simbol provinsi dan teritori.

Provinsi-provinsi ini bertanggung jawab untuk kebanyakan program sosial Kanada (seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan) dan bersama mengumpulkan banyak pendapatan dari pemerintah federal, dan merupakan sesuatu yang unik di antara federasi di seluruh dunia. Pemerintahan federal dapat memulai kebijakan nasional yang dapat ditolak oleh provinsi, namun dalam kenyataan ini jarang terjadi. “Persamaan pembayaran” dibuat oleh pemerintah federal untuk memastikan standar seragam pelayanan sesuai dan pajak dijaga antara provinsi yang kaya dan miskin.

Hukum kriminal merupakan tanggung jawab utama pemerintah federal, dan seragam di seluruh Kanada. Namun penjalanannya merupakan tanggung jawab propinsi, kebanyakan provinsi menjalankan pelayanan ke Royal Canadian Mounted Police (RCMP). RCMP adalah satu-satunya kepolisian di dunia yang menjalankan tiga tingkatan penjalanan hukum berbeda: munisipal, provinsial, dan federal.

10 provinsi itu bersifat unikameral, mengangkat legislator dengan pemerintahan yang dikepalai PM yang dipilih dalam cara yang sama sebagai PM. Tiap provinsi juga memiliki gubernur letnan yang bukan pemerintah yang sebenarnya yang mewakili ratu, diangkat atas rekomendasi PM Kanada.

Kebanyakan iklim politik provinsi itu termasuk rekan provinsi pada 3 partai federal nasional. Bagaimanapun, beberapa partai provinsi tak secara resmi berhubungan dengan partai federal yang mendapat nama yang sama. Beberapa provinsi memiliki ParPol regional, sepertiPartai Saskatchewan.

Iklim politik Provinsi Quebec cukup berbeda, dengan perpecahan utama antara separatisme, diwakili oleh Parti Québécois, dan federalisme, diwakili olehParti Libéral du Québec.

3 teritori itu memiliki kekuasaan politik yang lebih kecil daripada provinsi, telah diciptakanoleh hukum oleh Parlemen nasional daripada status mereka yang telah diabadikan dalam Konstitusi. Tiada gubernur letnan untuk mewakili dan memenuhi fungsi ratu. Komisaris yang netral secara politik diangkat oleh pemerintahan federal untuk bertindak sebagai “Pemerintahan perwakilan senior Kanada”. Hanya legislator daerah Yukonyang mengikuti sistem politik yang sama sebagai legislator provinsi. 2 teritori lain menggunakan sistempemerintahan konsensus dengan tanpa partai, yang tiap anggota mengajukan sebagai independen, dan premier diangkat oleh dan dari anggota.

Hubungan antara pemerintahan federal dan teritorial telah menegang. Banyak pertentangan antara 2 tingkat pemerintahan telah menjadi antara penggunaan sumber penghasilan dan pendanaan. Tingkat kemiskinan di teritori telah secara tetap besar karena isolasi, kesulitan ekstrim dan ongkos barang pasokan, dan kelangkaan pekerjaan.

Ekonomi

Ekonomi Kanada sekarang ini mendekati Amerika Serikat dengan sistem ekonomu berorientasi-pasar, pola produksi, dan standar hidup yang tinggi. Di abad terakhir, pertumbuhan luar biasa dalam produksi, pertambangan, dan sektor pelayanan telah mengubah negara ini dari ekonomi pedesaan menjadi industri perkotaan. Energi dapat dipenuhi sendiri, Kanada memiliki cadangan gas alam yang banyak di pesisir timur dan tiga provinsi barat, dan juga banyaknya sumber daya lain.

Kanada telah berhasil menghindari resesi ekonomi setelah 2001 dan telah mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang terbaik di dalam grup G8. Dengan banyakanya sumber daya alam, tenaga kerja trampil, dan pabrik kapital modern, Kanada menikmati prospek ekonomi padat.

Dibayangi dua kesulitan, yang pertama adalah perbedaan politik atas konstitusi antara Quebec dan Kanada lainnya. Ini telah meningkatkan kemungkinan perpisahan di federasi. Namun, karena ekonomi telah menguat, terutama di Quebec, ketakutan akan perpecahan telah mereda.

Perhatian masa panjang lainnya ialah kekhawatiran mengalirnya profesional ke selatan (AS) yang biasa disebut “Pengeluaran Otak”, karena dipikat oleh pembayaran tinggi, pajak rendah, dan kesempatan teknologi tinggi. Secara serempak, “Pemasukan Otak” juga terjadi, dengan masuknya imigran terdidik (terutama dari negara berkembang) ke Kanada. [2].

Bahasa

Dua bahasa resmi Kanada adalah Inggris dan Perancis. Pada 7 Juli 1969, bahasa Perancis disamakan dengan bahasa Inggris melalui pemerintah federal. Ini dimulai sebagai proses yang mendefinisikan Kanada sebagai negara bilingual dan multibudaya dalam tingkat federal.

  • Bahasa Inggris dan Perancis memiliki status yang sama dalam Parlemen Kanada, dalam pengadilan federal dan di seluruh institusi federal.
  • Setiap orang berhak untuk diadili kriminal dalam bahasa Inggris atau Perancis.
  • Masyarakat memiliki hak, bila ada permintaan yang cukup, untuk menerima pelayanan pemerintah federal dalam bahasa Inggris atau Perancis.
  • Bahasa resmi grup minoritas di banyak provinsi dan teritori memiliki hak untuk diajar dalam bahasa mereka.
  • Karena multibudaya adalah kebijakan resmi, untuk menjadi warga negara seseorang harus dapat bicara baik dalam bahasa Inggris maupun Perancis.
  • Hampir dari 98% orang Kanada berbicara baik Inggris atau Perancis atau keduanya.

New Brunswick ialah satu-satunya yang secara resmi provinsi dwibahasa, kedudukan yang secara spesifik dijamin Piagam Hak dan Kebebasan, dengan warga negaranya yang memiliki hak bahasa yang sama di tingkat provinsi sebagaimana seluruh warga negara Kanada punya di tingkat federal. Beberapa pemerintah provinsi, khususnya Manitoba dan Ontario, menawarkan banyak layanan pada penduduk minoritas Prancisnya.

Bahasa resmi Quebec ialah Perancis, sebagaimana didefinisikan oleh Piagam Bahasa Perancis yang melindungi penggunaan Bahasa Perancis, namun juga menyediakan hak tertentu pada penutur Inggris dan bahasa-bahasa asli. Quebec menyediakan banyak layanan pemerintahan dalam bahasa Perancis dan Inggris.

Bahasa Perancis terutama dituturkan di Quebec, Ontario, New Brunswick dan Manitoba selatan. Pada sensus 2001, 6.864.615 orang mendaftarkan Perancis sebagai bahasa ibu, dari yang 85% tinggal di Quebec, dan 17.694.835 orang mendaftarkan Perancis sebagai bahasa ibu.

Bahasa selain bahasa resmi juga penting di Kanada, dengan 5.470.820 jiwa yang mendaftarkan bahasa yang bukan bahasa resmi sebagai bahasa resmi (3 statistik di atas juga termasuk orang yang mendaftarkan lebih dari satu bahasa). Di antara kelompok bahasa ibu yang bukan bahasa resmi terpenting ialah Tionghoa (853.745 penutur bahasa ibu), khususnya Kantonis (322.315); Italia (469.485); dan Jerman(438.080).

Kelompok penduduk asli

UU Konstitusi 1982 mengakui 3 kelompok utama penduduk asli di Kanada: Penduduk AsliInuit dan Métis. Penduduk asli sedang berkembang hampir 2 kali secepat penduduk lainnya di Kanada. Penduduk asli menyusun sekitar 3% orang Kanada, atau kira-kira 790.000 orang. Sekitar 69% merupakan penduduk asli, 26% Métis dan 5% Inuit.

Kini, lebih daripada 50 bahasa yang berbeda yang diucapkan oleh penduduk asli, kebanyakan yang diucapkan hanya dari Kanada. Bagaimanapun, seluruhnya namun sedikit dalam kemerosotan. Dalam Northwest Territories dan Nunavut, ada 11 bahasa resmi: Inggris dan Perancis dengan kedudukan khusus, dan 6 bahasa asli: ChipewyanCreeDogribGwich‘inInuinnaqtunInuktitutInuvialuktunSlavey Utara, dan Slavey Selatan. Satu-satunya bahasa penduduk asli yang dipercaya secara penuh dapat tersokong saat ini ialah Cree (dengan 72.885 penutur bahasa ibu), Inuktitut di NWT dan Nunavut; 29.010 penutur), danOjibwe bersama dengan Cree, Ojibwe akan menyusun 150.000 penutur).

Pendidikan

Pendidikan di Kanada disediakan, didanai dan diawasi oleh pemerintah federal, provinsi, dan pemerintah daerah. Pendidikan berada di dalam yurisdiksi pemerintahan provinsi dan kurikulum diawasi oleh pemerintahan provinsi. Pendidikan di Kanada umumnya dibagi pada pendidikan Dasar (Primary School , Public School), kemudian pendidikan Menengah (High School) dan pendidkan tinggi (Universitas, College). Pada setiap provinsi-provinsi terdapat ada dewan sekolah yang mengawasi pelayanan pendidikan dan penyelenggaraan program-program pendidikan. Pendidikan wajib bagi pendudu kanada sampai usia 16 tahun di seluruh provinsi di Kanada, kecuali untuk Ontario dan New Brunswick, di mana usia wajib sampai 18 tahun. Di beberapa provinsi ada beberapa pengecualian untuk tidak wajib meneruskan pendidkan pada umur 14 tahun yang dapat diberikan dalam keadaan tertentu. Kanada mewajibkan sekolah selama 190 hari dalam setahun, secara resmi dimulai dari bulan September (setelah Hari Buruh) sampai akhir bulan Juni (biasanya hari Jumat terakhir bulan, kecuali dalam beberapa kasus di Quebec ketika itu hanya sebelum Juni 24 – provinsi hari libur ).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s